Selasa, 07 Januari 2014

TENTANG KOTA KAYUAGUNG

KAYUAGUNG

Kayuagung adalah kabupaten yang merupakan ibu kota kabupaten Ogan Komering Ilir sumatera selatan, Indonesia.

Kayuagung mempunyai 9 Kelurahan atau yang lebih trend di sebut MORGE SIWE yang artinya sembilan marga.
9 kelurahan yang di pisah dengan sungai komering 4 kelurahan di bagian sebelah barat dan 5 kelurahan di sebelah timur.

9. kelurahan yang ada di kayuagung : Mangunjaya, Cintaraja, Sidakersa, Jua-jua, Sukadana, Kayuagung Asli, Kotaraya, Kedaton, Perigi.Kabupaten Ogan Komering Ilir merupakan daerah tingkat II di Sumatera Selatan yang luasnya sekitar 21.469,90 kilometer persegi yang secara geografis terletak antara 104 20'-160' derajat Bujur Timur dan 4o 30'-4o 15 derajat Lintang Selatan. Ibukotanya Kayuagung, sekitar 66 km di selatan Palembang. Berpenduduk sebanyak 972.000 lebih yang sebagian besar beragama Islam.SEKILAS PILKADA OKIPasangan dengan nomor urut 4 Ishak Mekki-Engga Dewata (Ismed) ini berhasil mengantongi 49,32% suara mengungguli pesaing terdekatnya, pasangan nomor urut 2 Iskandar- Kukuh Pudiyanto (Kandaku) yang memperoleh 42,61% suara. Selanjutnya, disusul pasangan nomor urut 1 Iskandar Maliki-Iskandar Aidi (Duo Iskandar) yang mendapat 6,40% suara serta pasangan nomor urut 3 Hendri Faisal Damhari-Rahma Dewi Kalung (Hera) dengan 1,60% suara.

PEMIMPIN OKI

Pada tahun 2003 / 2008 Bapak Ir. H. Ishak Menkki, MM. sebagai bupati OKI, kembali terpilih dan di percaya masyarakat memimpin OKI untuk Priode 2008-2013 berpasangan dengan bapak engga dewata, setelah memenagkan pilkada sekitar bulan september 2008 memenangkan polling suara, dalam PEMILUKADA 2008.

Selain di menang pemilukada 2008, selama menjabat 5 tahun sebelumnya, Bapak Ir. H. Ishak Mekki, MM. mendapat penghargaan tinggi dari Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono atas prestasi yang telah di toreh tingkat Lokal maupun tertarap nasional.




APRESIASI TENTANG KAYUAGUNGSekitar 5 tahun yang lalu Kayuagung hanyalah kota mati, kota yang hanya identik dengan kejahatan, banyak orang yang berfikir negatif tentang kayuagung, menyedihkan memang, anggapan orang telah terlanjur terbentuk bahwasanya kayuagung kota Duta kota para penjahat, perampok, dsb, padahal dari persentase yang ada hanya 8, 72 % penduduk yang bekerja sebagai duta atau penjahat halus, duta itu istilah dari penjahat yang melakukan tindakan kriminal (pencurian, perampokan, dll).

Padahal saya lebih suka Kayuagung itu di katakan Kota OJEK ketimbang kota DUTA kenapa ???
dari persentase Pekerjanya Saja jelas berbeda :
Duta : 8.72%
Ojek : 34.2%


Tapi Bersyukurlah Kayuagung yang sekarang jauh berbeda, Mulai dari
masyarakat awam yang secara perlahan mampu membuka mata, memanfaatkan peluang yang ada.
tidak semata-mata mengandalkan sertifikat dan ijazah sebagai peluang.

Pemerintah memperhatikan Betul perkembangan semua sektor, pendidikan, Olahraga, Kesehatan, yang membuat masyarakat bergairah untuk melakukan revolusi besar, sebuah perubahan untuk kemajuan bersama.

KAYUAGUNG BERBENAH !!!Kayuagung berbenah dari sektor Pendidikan sekarang telah memiliki sekolah-sekolah yang standart nasional, SLTP dan SMA yang mampu berprestasi mulai dari tingkat provinsi hingga di tingkat nasional, apalagi sekarang telah berdirinya Universitas Islam OKI (UNISKI), serta lembaga-lembaga belajar lainnya, sebut saja, Kursus dan Kuliah Komputer DCC Kayuagung, AL-Ikhlas, Gilland Ganesha, Taman Belajar ENGLISH COURSE, Mitra Global, dll.
Kayuagung berbenah dari sektor Olahraga, sekarang telah berdirinya lapangan sepakbola Segitiga Emas, lapangan Futsal Outdoor, lapangan badminton Indoor, Arena lingkar Road Race, dan selalu dia adakannya BUPATI CUP untuk memacu sekaligus melihat meyalurkan bakat masyarakat kayuagung.Kayuagung berbenah dari sektor Kesehatan, sekarang telah berdirinya RSUD, Puskesmas, bertingkat nasional mulai dari Fasilitas Bangunan, Peralatan, Pelayanan, jauh lebih baik, semua sistem berjalan lebih baik ketimbang dulu, walaupun semuanya belum sepenuhnya baik.

Kayuagung menjadi salah satu penyuplai
terbesar pertahun
seperti
beras, kelapa sawit, karet, untuk mewujudkan "SUMATERA SELATAN SEBAGAI LUMBUNG PANGAN DAN ENERGI".
daerah ini didominasi dataran rendah dengan rawa-rawa yang luas, terutama di kawasan Timur yang berbatas dengan selat Bangka dan Laut Jawa. Dataran tinggi dan perbukitan sulit dijumpai di daerah ini.
Dataran rendah sebagian masih berhutan lebat dan padang alang-alang, disamping terdapat perkebunan karet, kelapa sawit, buah-buahan, tebu, dan lain sebagainya. Pabrik gula di Sumatera Selatan yang mensuplai kebutuhan gula untuk daerah ini.

Mata pencaharian penduduknya umumnya Pegawai, Wirausaha, Bertani disamping sebagai pengrajin pada industri kecil dan pertukangan. Kayuagung cukup terkenal dengan kerajinan tanah liat yang memproduksi alat-alat masak, dapur, dsb.
Ogan Komering Ilir dikenal sebagai daerah pengahasil buah-buahan dan ikan si Sumatera Selatan.
Kayuagung itu dulu lebih di kenal sebagai kota Duta, mungkin iya sih, masalahnya emang kebanyakan orang taunya gitu, tapi secara perlahan dengan prestasi yang telah di raih, kayuagung sekarang beda dengan yang dulu, sekarang tingkat pendidikan jauh meningkat, kayuagung sudah menjadi KOTA YANG MAJU, kota yang memiliki kelengakapan yang standart, berdirinya UNISKI (Universitas Islam OKI), lapangan olahraga, faslitas Rumah Sakit Umum Tinggat Nasional, Sekolah menengah Atas yang telah standart Nasional, Objek Wisata Teluk Gelam, Peningkatan ekonomi masyarakat jauh lebih baik di banding beberapa tahun lalu, dan perkembangan Ini di manfaatkan Oleh beberapa Pengusaha karena di anggap kota yang berpotensi dan sebagai kota yang penuh peluang usaha.

 Sumber : http://kota-kayuagung.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar